Senin, 30 Mei 2011

Praktikum TPPP (biji)


BAB 1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pasca panen adalah  berbagai tindakan atau perlakuan yang diberikan pada hasil pertanian setelah panen sampai komoditas berada di tangan konsumen. Istilah tersebut secara keilmuan lebih tepat disebut Pasca produksi (Postproduction) yang dapat dibagi dalam dua bagian atau tahapan, yaitu pasca panen (postharvest) dan pengolahan (processing). Penanganan pasca panen (postharvest) sering disebut juga sebagai pengolahan primer (primary processing) merupakan istilah yang digunakan untuk semua perlakuan dari mulai panen sampai komoditas dapat dikonsumsi “segar” atau untuk persiapan pengolahan berikutnya.
Dari pandangan Ahli fisiologi pascapanen hortikultura, Stress adalah faktor eksternal yang menyebabkan perubahan yang tidak diinginkan atau merusak terhadap mutu jika tanaman atau bagian tanaman dihadapkan terhadap stress pada lama waktu dan intensitas mencukupi. Dengan demikian, seperti kondisi penyimpanan buah apel yang direkomendasi mewakili suatu stress, namun dia juga mewakili kondisi optimum untuk mempertahankan mutu produk bagi ahli fisiologi pascapanen. (Utama, 2004).
Secara fisiologis bagian tanaman yang dipanen dan dimanfaatkan untuk konsumsi segar adalah masih hidup, dicirikan dengan adanya aktivitas metabolisme yang dinamakan respirasi (Salunkhe dan Desai, 1984). Respirasi berlangsung untuk memperoleh energi untuk aktivitas hidupnya. Dalam proses respirasi ini, bahan tanaman terutama kompleks karbohidrat dirombak menjadi bentuk karbohidrat yang paling sederhana (gula) selanjutnya dioksidasi untuk menghasilkan energi. Hasil sampingan dari respirasi ini adalah karbondioksida (CO2), uap air (H2O) dan panas. Semakin tinggi laju respirasi maka semakin cepat pula perombakan-perombakan tersebut yang mengarah pada kemunduran dari produk tersebut. Air yang dihasilkan ditranspirasikan dan jika tidak dikendalikan produk akan cepat menjadi layu. Sehingga laju respirasi sering digunakan sebagai index yang baik untuk menentukan masa simpan pascapanen produk segar (Ryal dan Lipton, 1972). Berbagai produk mempunyai laju respirasi berbeda, umumnya tergantung pada struktur morfologi dan tingkat perkembangan jaringan bagian tanaman tersebut (Kays, 1991). Secara umum, sel-sel muda yang tumbuh aktif cenderung mempunyai laju respirasi lebih tinggi dibandingkan dengan yang lebih tua atau sel-sel yang lebih dewasa.
Karakteristik penting produk pascapanen buah dan sayuaran adalah bahan tersebut masih hidup dan masih melanjutkan fungsi metabolisme. Akan tetapi metabolisme tidak sama dengan tanaman induknya yang tumbuh dengan lingkungan aslinya, karena produk yang telah dipanen mengalami berbagai bentuk stress seperti hilangnya suplai nutrisi, kondisi yang berbeda dengan pertumbuhannya yang ideal dengan adanya peningkatan suhu, kelembaban, proses panen sering menimbulkan pelukaan berarti, pengemasan dan transportasi dapat menimbulkan kerusakan mekanis lebih lanjut, orientasi gravitasi dari produk pascapanen umumnya sangat berbeda dengan kondisi alamiahnya, hambatan ketersediaan CO2 dan O2, hambatan regim suhu dan sebagainya. Sehingga secara keseluruhan bahan hidup sayuran pascapanen dapat dikatakan mengalami berbagai perlakuan yang menyakitkan selama hidup pascapanennya.
Produk harus dipanen dan dipindahkan melalui beberapa sistem penanganan dan transportasi ke tempat penggunaannya seperti pasar retail atau langsung ke konsumen dengan menjaga sedapat mungkin status hidupnya dan dalam kondisi kesegaran optimum. Jika stress terlalu berlebihan yang melebihi toleransi fisik dan fisiologis, maka terjadi kematian.
Penanganan pasca panen yang baik akan menekan kehilangan (losses), baik dalam kualitas maupun kuantitas, yaitu mulai dari penurunan kualitas sampai komoditas tersebut tidak layak pasar (not marketable) atau tidak layak dikonsumsi.

1.2 Tujuan
            Untuk mengetahui warna koloni dari berbagai biji yang diamati..

BAB 2. BAHAN DAN METODE

2.1 Alat dan Bahan
2.1.1 Alat
1. Timbangan
2. Preparat
3. Pinset
4. Laminari Air Flow
5. Mortar
6. Media PDA
2.1.2 Bahan
1. Kacang Tanah
2. Kedelai
3. Jagung

2.2 Cara Kerja
1.   Menimbang bahan (biji kacang tanah, kedelai, jagung) sebanyak 100 gram
2.   Memisahkan antara biji yang baik dan biji yang jelek
3.   Menimbang berat biji  yang baik dan biji yang jelek dan memcatatnya.
4. Menumbuhkan Cendawan pada Media PDA
5. Mengamati warna koloni pada tiap – tiap jenis biji

BAB 3. HASIL DAN PEMBAHASAN
3.1 Hasil
    Tabel pengamatan biji
No
Jenis Biji
Berat biji bagus (gr)
Berat biji jelek (gr)
Warna koloni
1
Kacang Tanah 1
78
21
Putih, Hitam, Kuning
2
Kacang Tanah 2
84
16
Putih, Hitam
3
Kedelai 1
76,4
24,1
Putih
4
Kedelai 2
77,63
16,41
Putih Bintik Hitam
5
Jagung
109
14
Putih Kekuningan Hitam

4.2 Pembahasan
            Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pengamatan diatas, diketahui bahwa jumlah biji kacang tanah yang normal lebih banyak dibanding yang abnormal dan yang terkena patogen, yaitu 78 normal, 21 biji jelek dan warna koloni putih, hitam, kuning. Kacang Tanah 2 biji baik 84, biji jelek 16 dan warna koloni putih, hitam. Kedelai 1 biji baik 76,4 sedangkan biji jelek 24,21 dan warna koloni putih. Kedelai 2 biji baik 77,63, jelek 16,41 dan warna koloni putih bintik hitam.Jagung 109, jelek 14 dan warna koloni putih kekuningan hitam.
            Benih atau biji dikatakan sakit apabila telah mengalami perubahan fisik (warna, ukuran, bentuk, aroma) dan mengalami gangguan fisiologis di bagian dalam jaringan benih yang menyebabkan terganggunya fungsi benih sebagai bahan perbanyakan tanaman, yang disertai dengan menurunnya kualitas maupun kuantitas kecambah/ bibit yang dihasilkan. Kerugian yang ditimbulkan jika penanaman menggunakan benih sakit diantaranya adalah :
1. Menurunkan hasil panen
2. Menurunkan daya berkecambah benih
3. Mengakibatkan perubahan warna dan ukuran benih
4. Menjadi beracun bagi hewan dan manusia.
Penyebab benih tersebut sakit adalah karena adanya infeksi dari patogen. Patogen tular benih adalah agen infeksi yang berasosiasi dengan benih yang mempunyai potensi untuk menyebabkan penyakit pada bibit atau tanaman. Macam-macam patogen yang menyerang benih diantaranya adalah :
1. Cendawan,
2. Bakteri,
3. Virus, dan
4. Nematoda
Kelima patogen diatas dapat menyebabkan benih menjadi sakit, untuk mengetahui adanya serangan patogen benih tersebut diantaranya adalah dengan melakukan uji kesehatan benih.
Salah satu cara memeriksa kesehatan benih yaitu dengan teknik isolasi patogen (jamur/bakteri) adalah kegiatan untuk menanam benih pada media yang telah ditentukan untuk mengetahui ada tidaknya mikroorganisme patogenik yang terbawa oleh benih (seed born). Isolasi dianggap berhasil jika tumbuh miselium di atas benih, dan miselium tersebut berasal dari spora patogen yang terdapat dalam benih (terbawa benih).
Metode isolasi patogen benih

1. Metode yang bisa digunakan untuk isolasi patogen benih adalah metode inkubasi, yaitu benih ditumbuhkan selama waktu tertentu pada kondisi yang sesuai untuk pertumbuhan patogen (biasanya selama 5-7 hari, suhu 20±2 oC, kelembaban udara > 70%).
2. Metode inkubasi dibagi 2, yaitu:
a. Metode kertas
Pemeriksaan jamur dengan metode ini paling banyak digunakan karena mudah dilaksanakan dengan biaya yang relatif murah. Hampir semua jamur yang terbawa benih dapat diuji dengan metode ini
b. Metode agar
Pada dasarnya metode ini sama dengan metode kertas, hanya medianya yang berbeda, yaitu dengan menggunakan media agar steril yaitu media PDA (Potato Dextrose Agar). Dibanding metode kertas, metode ini memberikan kondisi yang lebih memadai untuk tumbuhnya spora jamur/bakteri, tetapi memakan waktu dan biaya yang lebih banyak.
Penanganan pasca panen bertujuan agar hasil tanaman tersebut dalam kondisi baik dan sesuai/tepat untuk dapat segera dikonsumsi atau untuk bahan baku pengolahan. Prosedur/perlakuan dari penanganan pasca panen berbeda untuk berbagai bidang kajian antara lain:
1. Penanganan pasca panen pada komoditas perkebunan yang ditanam dalam skala luas seperti kopi, teh, tembakau dll., sering disebut pengolahan primer, bertujuan menyiapkan hasil tanaman untuk industri pengolahan, perlakuannya bisa berupa pelayuan, penjemuran, pengupasan, pencucian, fermentasi dll.
2. Penanganan pasca panen pada produksi benih bertujuan mendapatkan benih yang baik dan mempertahankan daya kecambah benih dan vigornya sampai waktu penanaman. Teknologi benih meliputi pemilihan buah, pengambilan biji, pembersihan, penjemuran, sortasi, pengemasan, penyimpanan, dll.
3. Penanganan pasca panen pada komoditas tanaman pangan yang berupa biji-bijian (cereal/grains), ubi-ubian dan kacangan yang umumnya dapat tahan agak lama disimpan, bertujuan mempertahankan komoditas yang telah dipanen dalam kondisi baik serta layak dan tetap enak dikonsumsi. Penanganannya dapat berupa pemipilan/perontokan, pengupasan, pembersihan, pengeringan (curing / drying), pengemasan, penyimpanan, pencegahan serangan hama dan penyakit, dll.
4. Penanganan pasca panen hasil hortikultura yang umumnya dikonsumsi segar dan mudah “rusak” (perishable), bertujuan mempertahankan kondisi segarnya dan mencegah perubahan-perubahan yang tidak dikehendaki selama penyimpanan, seperti pertumbuhan tunas, pertumbuhan akar, batang bengkok, buah keriput, polong alot, ubi berwarna hijau (greening), terlalu matang, dll. Perlakuan dapat berupa: pembersihan, pencucian, pengikatan, curing, sortasi, grading, pengemasan, penyimpanan dingin, pelilinan, dll.
Kerusakan mekanis adalah masalah signifikan dalam pemasaran produk hortikultura. Kerusakan mekanis menurunkan mutu dan daya jual produk melalui perubahan kenampakan visual, meningkatnya laju kemunduran dan kehilangan air dan meningkatnya kepekaannya terhadap pembusukan.
Ada tiga bentuk kerusakan mekanis, yaitu benturan (impact), tekanan (compression) dan getaran (vibration). Kerusakan karena benturan dapat terjadi karena produk dijatuhkan ke pada produk lainnya atau pada permukaan keras. Kerusakan benturan sering terjadi oleh ketinggian jatuhan dalam pemanenan dan pengemasan, penanganan manual dan tanpa adanya atau tidak beroperasinya forklift dengan baik. Kerusakan karena tekanan disebabkan terlalu banyaknya produk dimasukkan kedalam suatu kemasan. Penumpukan kemasan terlalu tinggi dimana kemasan itu sendiri tidak mampu menopang berat diatasnya menyebabkan kerusakan mekanis umum produk hortikultura segar di negara-negara sedang berkembang. Pada keadaan penumpukan ini, yang menopang berat diatasnya adalah produk yang terdapat di dalam kemasan dibawahnya, bukan kemasannya. Kerusakan karena getaran umumnya adalah superficial (dibawah permukaan) dan menyebabkan abrasi pada permukaan produk. Bila sel-sel rusak, maka cairan sel bocor keluar dan kontak dengan udara dan O2. Hal ini menyebakan warna coklat pada permukaan buah. Penggunaan nampan plastik atau gabus dengan lapisan tunggal dalam kemasan dapat mengurangi kerusakan karena getaran sepanjang nampan yang digunakan adalah dengan seleksi ukuran terbaik.

BAB 4. KESIMPULAN DAN SARAN

4.1 Kesimpulan
1. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa hasil untuk biji yang normal masih relatif lebih banyak dibanding yang cacat dan yang terserang patogen. Hal ini disebabkan bahan – bahan yang dijual dipasaran atau yang baru dipanen masih memiliki tingkat sortase yang rendah, akibatnya ada yang tidak layak konsumsi dan tidak layak untuk ditanam kembali meski dalam jumlah yang relatif tidak banyak.
2. Penanganan pasca panen pada komoditas tanaman pangan yang berupa biji-bijian (cereal/grains), ubi-ubian dan kacangan yang umumnya dapat tahan agak lama disimpan, bertujuan mempertahankan komoditas yang telah dipanen dalam kondisi baik serta layak dan tetap enak dikonsumsi.

4.2 Saran
            Sebaiknya dalam pemiliham biji harus teliti agar hasil yang diperoleh dapat akurat dan dapat menjadi data yang valid.

DAFTAR PUSTAKA

Kays, S. J. 1991. Postharvest Physiology of Perishable Plant Products. An AVI Book, NY

Utama, I M.S. 2004. Prinsip Dasar da Permasalahan Pengembangan Teknologi Pascapanen Hortikulturan dan Usaha Perbaikannya. Makalah yang disampaikan pada Lokakarya Strategi Pengembangan Horticultura di Bali, CERETROF-UNUD, 30-31 Juli, 2004

Salunkhe, D. K. and Desai, B. B. 1984. Postharvest Biotechnology of Vegetables, Vol. II. CRC Press Inc., Florida

Ryall, A. L. and Lipton, W. J. 1972. Handling, Transportation and Storage of Fruits and Vegetables, Vol. I: Vegetables and Melons. AVI Pub., Westport, Connecticut

Brown, G.E. 1989. Host defence at the wound site of harvested crops. Phytopath. 79 (12):1381-1384

Eckert, J.W. 1978. Pathological disease of fresh fruit and vegetables. In Postharvest Biology and Biotechnology. Hultin, H.O. and Miller, N (eds). Food and Nutrition Press, Westport, Connecticut:161-209






Tidak ada komentar:

Posting Komentar